Minggu, 19 Maret 2017

TUGAS TERSTRUKTUR II

1.    Buatlah video pendek berdurasi tiga menit secara berkelompok tentang suatu percobaan kimia untuk jenjang SMA
JAWAB :
 
selengkapnya dapat dilihat di 
2.Buatlah alat peraga sederhana dengan memanfaatkan bahan bekas untuk kegiatan pembelajaran kimia jenjang SMP.
JAWAB :
 
 
selengkapnya dapat dilihat di
https://www.youtube.com/watch?v=kg5N5OmKrUg

21 komentar:

  1. apakah yang melatarbelakangi anda membuat alat peraga ini? dan apakah kelebihan dan kekurangan alat peraga ini? jelaskan!

    BalasHapus
  2. karena seperti yang kita ketahui bahwasannya materi kimia merupakan materi yang abstrak sehingga informasi yang diberikan guru terkadang kurang dapat dicerna oleh siwa/murid, sehingga disini kami membuat sebuat alat peraga yang daoat membantu penjelasan/informasi yang diberikan guru itu yang tadinya abstrak bisa menjadi konkrit, sehingga siswa tidak lagi mengkhayal bagaimana bentuk molekul, molekul unsur dan molekul senyawa.

    BalasHapus
  3. Menurut anda apakah alat peraga ini efektif jika diterapkan disekolah? Jelaskan! Apakah anda akan menerapkannya di sekolah nanti jika anda sebagai guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya alat peraga ini efektif karena bisa membantu guru dalam menjelaskan pada siswa agar siswa dapat membedakan apa itu molekul, molekul unsur dan molekul senyawa. sehingga anak tidak lagi berfikir secara abstrak, tetapi guru juga harus memiliki kemampuan untuk menarik minat siswa dengan bantuan alat peraga ini.

      Hapus
  4. bagaimana menerapkan media ini pada proses pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung saja digunakan pada saat penyampaian materi oleh guru, alat ini dipakai untuk membantu pemahaman oleh siswa sehingga siswa tidak lagi berfikir abstrak

      Hapus
  5. apa landasan anda memilih alat peraga ini dalam materi ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya memilih alat peraga ini karena siswa tidak dapat langsung dapat melihat bagaimanasih bentuk dari suatu molekul unsur dan molekul senyawa, sehingga dengan alat peraga ini siswa dapat membedakan yang mana molekul unsur dan juga yang mana molekul senyawa

      Hapus
  6. e-learning yang ada saat ini apakah sudah efektif menurut anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya e-learning yang saya gunakan diatas sudah dapat digunakan untuk pembelajaran kimia, namun masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penggunaan e-learning ini misalnya seperti saat melakukan diskusi,dan penilaian yang disediakan di e-learning ini kurang cocok untuk soal-soal kimia.

      Hapus
  7. Apakah kekurangan ataupun kelebihan media tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya e-learning ini sudah dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dalam situs online namun masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penggunaan e-learning ini misalnya seperti saat melakukan diskusi,dan penilaian yang disediakan di e-learning ini kurang cocok untuk soal-soal kimia

      Hapus
  8. dalam media yang telah anda buat ini, prinsip multimedia apa saja yang terdapat dalam media yang anda buat ini?

    BalasHapus
  9. Dalam membuat media salah satu tujuannya adalah memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Apakah hal ini sudah terpenuhi untuk jangka waktu yang lama? Tolong jelaskan alasan anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya dapat dipakai dalam waktu yang lama karena situs online ini tidak terbatas oleh jarak dan waktu sehingga akan tetap ada walaupun telah dimakan usia namun pada awal terselenggaranya pendidikan jarak jauh oleh masyarakat di anggap sebagai jenis pendidikan alternatif atau pendidikan kelas dua. Masih kalah dengan pendidikan konvensional yang mengharuskan kehadiran mahasiswa.

      Hapus
  10. Apakah alat peraga tersebut sudah efektif digunakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya e-learning yang saya gunakan diatas sudah dapat digunakan untuk pembelajaran kimia, namun masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penggunaan e-learning ini misalnya seperti saat melakukan diskusi,dan penilaian yang disediakan di e-learning ini kurang cocok untuk soal-soal kimia.

      Hapus
  11. adakah materi lain yang dapat dijelaskan dengan menggunakan media yang anda pakai ini? jelaskan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, misalnya dalam menjelaskan materi mengenai atom. dari bulatan bulatan yang kami buat menggunakan kertas dan lem tersebut guru dapat mengumpakannya sebagai sebuah atom, jika ingin lebih jelas untuk menggunakannya untuk menjelaskan mengenai materi atom sebaiknya ditambahkan bahan lain untuk menunjang penjelesan lainnya

      Hapus
  12. Bagaimana anda sebagai seorang guru mengatasi kekurangan dari media ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan penggunaan gambar yang berwarnawarni, memunculkan animasi, penggunaan nada atau lagu, dan komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa.

      Hapus