Minggu, 05 Maret 2017

PRESENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

Pada pengembangan e-learning ini kami menggunakan Edu2.0 for school. Edu2.0 for school adalah salah satu media pembelajaran online / jarak jauh yang didirikan tahun 2006 oleh Graham Glass. Situs ini dapat diakses di http://www.edu20.org  dan merupakan situs pendidikan berbasis web yang disediakan secara gratis dengan beragam fasilitas dan fitur. Misi dari edu2.0 ini adalah untuk menjadikan kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih efektif dan menyenangkan.Yang menjadi kelebihan dari situs pendidikan ini adalah penggunaan yang mudah, karena pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi.
berikut merupakan beberapa aktivitas yg kami lakukan dalam e-learning







28 komentar:

  1. apa kekurangan yang dihadapi jika menggunakan e-learning yang anda gunakan tersebut ?

    BalasHapus
  2. pada e-learning yang kami buat,kelemahannya yaitu tugas yang dibuat oleh guru tidak bisa dikerjakan oleh siswa karena tidak ada kolom untuk mengerjakannya. dan juga pada e-learning yang kami buat itu menggunakan bahasa inggris sehingga membuat bingung pada saat guru membuat tugas ataupun soal-soal dan menentukan score dari setiap tugas-tugas tersebut.

    BalasHapus
  3. apakah e-learning yang saudari gunakan ini sdh baik untuk digunakan dalam pembelajaran kimia? jelaskan alasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya e-learning yang saya gunakan diatas sudah dapat digunakan untuk pembelajaran kimia, namun masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penggunaan e-learning ini misalnya seperti saat melakukan diskusi,dan penilaian yang disediakan di e-learning ini kurang cocok untuk soal-soal kimia.

      Hapus
  4. bagaiamana pada e-learning ini, anda dapat menarik minat siswa untuk memahami materi jika mengguanakan e-learning ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan penggunaan gambar yang berwarnawarni, memunculkan animasi, penggunaan nada atau lagu, dan komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa.

      Hapus
  5. Mengapa anda memilih aplikasi pembelajaran ini sebagai media mempermudah dalam proses pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ksrena edu20 ini sudah dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dalam situs online, bisa memasukkan materi (bahan ajar), bisa berdiskusi didalamnya bisa mengabsen siswa yang sedang aktif dan juga bisa memberikan soal-soal maupun quis

      Hapus
  6. Jelaskan apa kelebihan elearning yang anda gunakan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya e-learning ini sudah dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dalam situs online, bisa memasukkan materi (bahan ajar), bisa berdiskusi didalamnya bisa mengabsen siswa yang sedang aktif dan juga bisa memberikan soal-soal maupun quis

      Hapus
  7. apakah peran anda sbg calon pendidik agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran berbasis elearning jenis edu20?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan penggunaan gambar yang berwarnawarni, memunculkan animasi, penggunaan nada atau lagu, dan komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa.

      Hapus
  8. Bagaimana cara kita untuk melihat keaktifan seorang pada aplikasi yang edu20 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilihat pada forum diskusi yang telah dibuat dan juga pekerjaan ataupun soal-soal yang diberikan oleh guru/dosen

      Hapus
  9. apa yang harus ditambahkan untuk memperbaiki e-learning ini? sehingga dapat lebih baik jika diterapkan dalam pembelajaran kimia

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penggunaan e-learning ini misalnya seperti saat melakukan diskusi,dan penilaian yang disediakan di e-learning ini kurang cocok untuk soal-soal kimia.

      Hapus
  10. Bagaimana cara evaluasi dengan media ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dalam aplikasi pembelajaran edu20 ini banyak sekali pilihan penilaian, tetapi karena keterbatasan pengguna yang kurang mengerti dengan bahasa inggris jadi pengguna mengalami kesulitan dalam hal penilaian, akan tetapi pengguna juga dapat menilai sendiri hasil pekerjaan yang diberikannya pada siswa melalui pengkoreksian soal-soal dan juga diskusi yg berlangsung

      Hapus
  11. Beberapa kelemahan dari pembelajaran melaui e learning diantaranya :
    1. Kurangnya pemahaman guru terhadap kualitas murid dan kepribadian mereka karena jarangnya bertatap muka secara langsung.
    2. Siswa kurang mendapatkan motivasi untuk belajar karena instruktur (Guru) tidak mengetahui secara persis apa permintaan, ketertarikan dan motivasi siswa.
    3. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, dan komputer).
    4. Proses pembelajaran lebih cenderung ke arah pengajaran saja (transfer knowledge) daripada pendidikan.
    5. Para guru juga dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology), selain penguasaan teknik pembelajaran konvensional tentunya.
    Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka guru juga harus mengadakan pembelajaran tatap muka.karena pembelajaran e- learning ini bukan berarti tidak ada tatap muka Disitulah peran seorang guru dimainkan yang mana guru memberikan motivasi kepada siswa menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dan dengan adanya pertemuan maka guru juga bisa memantau tingkah laku siswa itu sendiri. Dan untuk fasilitas mungkin cukup sulit diatasi karena faktor ekonomi yang berbeda akan tetapi pembelajaran e learning di tingkat siswa ini biasanya diadakan jika memang fasilitasnya cukup. Saat ini bagi siswa yang tidak mempunyai fasilitas internet dirumah mungkin bisa dengan ke warnet. Lalu untuk mengatasi kekurangan yang terakhir guru bisa memanfaat teknologi internet yang sudah canggih. Dari situ ataupun dari buku guru bisa mendapatkan informasi sehingga dapat lebih menguasai teknik pembelajaran e- learning ini

    BalasHapus
  12. Bagaimana cara evaluasi berdasarkan e-learning yang anda buat?jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dalam aplikasi pembelajaran edu20 ini banyak sekali pilihan penilaian, tetapi karena keterbatasan pengguna yang kurang mengerti dengan bahasa inggris jadi pengguna mengalami kesulitan dalam hal penilaian, akan tetapi pengguna juga dapat menilai sendiri hasil pekerjaan yang diberikannya pada siswa melalui pengkoreksian soal-soal dan juga diskusi yg berlangsung

      Hapus
  13. Bagaimana melakukan evaluasi pada elearning ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dalam aplikasi pembelajaran edu20 ini banyak sekali pilihan penilaian, tetapi karena keterbatasan pengguna yang kurang mengerti dengan bahasa inggris jadi pengguna mengalami kesulitan dalam hal penilaian, akan tetapi pengguna juga dapat menilai sendiri hasil pekerjaan yang diberikannya pada siswa melalui pengkoreksian soal-soal dan juga diskusi yg berlangsung

      Hapus
  14. Apa kelebihan dari e-learning ini dibandingkan aplikasi e-learning lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu kelebihannya yaitu guru langsung dapat mengetahui siswa nya yang sedang aktif dalam pembelajaran

      Hapus
  15. Bagaimana jika e-learning membingungkan siswa dalam memahami materi? Bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan penggunaan gambar yang berwarnawarni, memunculkan animasi, penggunaan nada atau lagu, dan komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa.

      Hapus
  16. Anda mengatakan bahwa e-learning ini menyenangkan, berikan satu contoh yang menunjukkan pembelajaran dengan e-learningini menjadi menyenagkan?

    BalasHapus