Rabu, 22 Februari 2017

Presentasi Multimedia Pembelajaran Hasil Pengembangan



Presentasi Multimedia Pembelajaran Hasil Pengembangan
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk   menyajikan materi pembelajaran  kepada peserta didik.
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik. Hal ini didukung oleh teknologi perangkat keras yang berkembang  cukup lama, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kegiatan presentasi. Saat ini teknologi pada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan oleh Microsoft incCorel presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan Macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.
Berbagai perangkat lunak yang memungkinkan presentasi dikemas dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Perkembangan perangkat lunak tersebut didukung oleh perkembangan sejumlah  perangkat keras penunjangnya. Salah satu produk yang paling banyak memberikan pengaruh dalam penyajian bahan presentasi digital saat ini adalah perkembangan monitor, kartu video, kartu audio serta perkembangan proyektor digital (digital image projector) yang memungkinkan bahan presentasi dapat disajikan secara digital untuk bermacam-macam  kepentingan dalam berbagai kondisi dan situasi, serta ukuran ruang dan  berbagai karakteristik audience. Tentu saja hal ini menyebabkan perubahan besar pada trend metode presentasi saat ini, dan dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Pengolahan bahan presentasi dengan menggunakan komputer tidak hanya untuk dipresentasikan dengan menggunakan alat presentasi digital dalam bentuk Multimedia projector (seperti LCD, In-Focus dan sejenisnya), melainkan juga dapat dipresentasikan melalui peralatan proyeksi lainnya, seperti over head projector (OHP) dan film slides projector yang sudah lebih dahulu diproduksi. Sehingga lembaga atau instansi yang belum memiliki perangkat alat presentasi digital akan tetapi telah memiliki kedua alat tersebut, dapat memanfaatkan pengolahan bahan presentasi melalui komputer secara maksimal. Dalam sudut pandang proses pembelajaran, presentasi merupakan salah satu metode pembelajaran. Penggunaannya yang menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Di antaranya tuntutan terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
Berikut merupakan demonstrasi kelompok 6 tentang pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi


27 komentar:

  1. Dari percobaan yang telah dilakukan , apakah reaksi dapt berlangsung bolak-balik ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya tidak terjadi reaksi bolak-balik karena larutan gula merupakan larutan non elektrolit, Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dan tidak menimbulkan gelembung gas. Pada larutan non elektrolit, molekul-molekulnya tidak terionisasi dalam larutan, sehingga tidak ada ion yang bermuatanyang dapat menghantarkan arus listrik. pada larutan elektrolit lemah yang mengalami reaksi bolak-balik contohnya CH3COOH(aq) ↔ CH3COO- (aq) + H+ (aq)
      Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion (ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik.

      Hapus
  2. Assalammualaikum.. adakah kekurangan dari media pembelajaran berbasis komputer yang anda buat? jika ada bagaimanakah cara anda mengatasi kekurangan tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama. Disamping kedua hal di atas, merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

      Hapus
  3. Apakah media anda sudah dirasa cukup efektif? Apa kelebihan dari media yang anda buat. Apakah dengan adanya media ini materi yang anda jelaskan dapat dengan mudah dipahami siswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah cukup efektif, kelebihannya yaitu dapat menjelaskan kepada siswa mengenai pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, nah dengan media ini dari gula yang dipakai dapat kita jelaskan bahwasannya gula batu dan gula pasir memiliki luas permukaan yang berbeda sehingga siswa dapat langsung melihat (konkrit, gula pasir memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan gula batu karena bidang sentuh gula pasir akan lebih banyak daripada gula batu yang hanya berbentuk bongkahan. nah dari percobaan itu akan terlihat bahwasannya gula pasir dan gula batu dengan berat yang sama dilarutkan dalam air maka gula pasir yang akan lebih cepat larut, karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh tadi. sehingga menurut saya siswa akan dapat berfikir lebih konkrit dibandingkan hanya penyampaian teori.

      Hapus
  4. jelaskan bagaimana cara pemilihan media yang tepat hingga dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. media yang menyampaikan Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan penggunaan gambar yang berwarnawarni, memunculkan animasi, penggunaan nada atau lagu, dan komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa.

      Hapus
  5. apa yang dpaat menarik minat siswa dalam alat peraga yg anda gunakan shg proses belajar dpt berjalan dgn baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin maksudnya bukan alat peraga tetapi media pembelaharan, yang akan menjadi perhatian siswa adalah dalam proses melarutnya kedua gula tersebut yaitu gula batu dan gula pasir yang mempunyai bentuk berbeda tetapi dengan berat yang sama mereka akan larut dengan kecepatan waktu yang berbeda sehingga siswa akan berfikir secara konstruktifis.

      Hapus
  6. Apa yang membuat materi ini sulit sehingga perlu adanya media dalam menjelaskannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, nah dengan media ini dari gula yang dipakai dapat kita jelaskan bahwasannya gula batu dan gula pasir memiliki luas permukaan yang berbeda sehingga siswa dapat langsung melihat (konkrit, gula pasir memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan gula batu karena bidang sentuh gula pasir akan lebih banyak daripada gula batu yang hanya berbentuk bongkahan. nah dari percobaan itu akan terlihat bahwasannya gula pasir dan gula batu dengan berat yang sama dilarutkan dalam air maka gula pasir yang akan lebih cepat larut, karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh tadi. sehingga menurut saya siswa akan dapat berfikir lebih konkrit dibandingkan hanya penyampaian teori.

      Hapus
  7. jelaskan mengenai luas permukaan suatu benda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari percobaan itu akan terlihat bahwasannya gula pasir dan gula batu dengan berat yang sama dilarutkan dalam air maka gula pasir yang akan lebih cepat larut, karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh tadi. semakin besar luas permukaan maka akan semakin kecil bidang sentuhnya dan laju reaksipun akan semakin lambat. tetapi jika luas permukaan kecil maka bidang sentuh akan semakin besar dan akibatnya laju reaksipun akan semakin cepat.

      Hapus
  8. Apa kendala anda dalam mengembangkan media ini? Apakah dengan media ini anda sudah cukup yakin materi yang anda sampaikan mudah dipahami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya siswa tidak ada kendala dan siswa akan sangat paham karena dengan media ini dari gula yang dipakai dapat kita jelaskan bahwasannya gula batu dan gula pasir memiliki luas permukaan yang berbeda sehingga siswa dapat langsung melihat (konkrit, gula pasir memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan gula batu karena bidang sentuh gula pasir akan lebih banyak daripada gula batu yang hanya berbentuk bongkahan. nah dari percobaan itu akan terlihat bahwasannya gula pasir dan gula batu dengan berat yang sama dilarutkan dalam air maka gula pasir yang akan lebih cepat larut, karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh tadi. sehingga menurut saya siswa akan dapat berfikir lebih konkrit dibandingkan hanya penyampaian teori.

      Hapus
  9. Jelaskan point penting dalam pengembangan media ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. point penting dalam pengembangan media adalah bagaimana caranya agar sebuah media yang dirancang dapat membantu guru dalam pelaksanaaan belajar mengajar dan juga menarik minat siswa dalam belajar

      Hapus
  10. adakah kelebihan dan kelemahan dari demonstrasi yang anda lakukan melalui multimedia ini?jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya yaitu siswa akan memperhatikan pada proses melarutnya kedua gula tersebut yaitu gula batu dan gula pasir yang mempunyai bentuk berbeda tetapi dengan berat yang sama mereka akan larut dengan kecepatan waktu yang berbeda sehingga siswa akan berfikir secara konstruktifis. kelemahannya menurut saya tidak ada

      Hapus
  11. Menurut anda apakah multimedia ini sudah memenuhi prinsip-prinsip dalam multimedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah, karena dengan percobaan diatas siswa dapat berfikir secara konstruktifis kenapa gula dengan berat yang sama tetapi bentuknya berbeda mempunyai kecepatan melarut yg berbeda? dan kenapa gula pasir yg lebih dulu melarut dibandingkan gula batu? dari kegiatan itu menurut saya dapat mengembangkan daya fikit siswa

      Hapus
  12. Apakah kendala yang sering timbul dalam penerapan multimedia dalam pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika listrik padam dan tidak tersedianya alat penunjang multimedia yang akan digunakan

      Hapus
  13. Apakah percobaan tersebut efektif dalam pembelajaran? Bagaimana mengefektifkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah cukup efektif, kelebihannya yaitu dapat menjelaskan kepada siswa mengenai pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, nah dengan media ini dari gula yang dipakai dapat kita jelaskan bahwasannya gula batu dan gula pasir memiliki luas permukaan yang berbeda sehingga siswa dapat langsung melihat (konkrit, gula pasir memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan gula batu karena bidang sentuh gula pasir akan lebih banyak daripada gula batu yang hanya berbentuk bongkahan. nah dari percobaan itu akan terlihat bahwasannya gula pasir dan gula batu dengan berat yang sama dilarutkan dalam air maka gula pasir yang akan lebih cepat larut, karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh tadi. sehingga menurut saya siswa akan dapat berfikir lebih konkrit dibandingkan hanya penyampaian teori.

      Hapus
  14. Bagaimana cara anda menjadikan pembelajaran ini menjadi lebih menarik bagi siswa?

    BalasHapus